Mengobati Diabetes dengan Tanaman Herbal

Posted by Sehat Dengan Herbal on Thursday, March 17, 2011

Mengobati diabetes ternyata mahal. Hampir semua penderita diabetes mengetahui hal tersebut. Sementara penyakit yang bila dibiarkan terus berlanjut ini bisa menjadi ancaman buat penderitanya. Berawal dari komplikasi akibat pengobatan yang memiliki efek samping, amputasi hingga ancaman kematian.
Sejumlah obat-obat yang digunakan untuk mengobati diabetes juga mulai ditarik dari pasaran. Semua tak lain karena bahaya dari efek samping yang ditimbulkan obat-obatan tersebut. Sementara para pasien sudah memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan yang mahal tersebut.
Tumbuhan Herbal untuk Diabetes
Mahalnya biaya pengobatan diabetes dan resiko kontra indikasi yang ditimbulkannya membuat banyak penderita diabetes  berpaling.  Mereka berusaha mencari cara lain untuk mengobati diabetes. Pengobatan secara herbal merupakan salah satu alternatif yang tersedia. Meski obat herbal diduga belum mampu menyembuhkan penyakit diabetes, namun tetap ada obat herbal yang terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.
Tips Mengobati Diabetes Secara Herbal
Kembali menggunakan obat-obatan dari alam kembali digemari oleh masyarakat. Apalagi kultur bangsa Indonesia yang lekat  dengan tradisi minum jamu. Bila selama ini dunia pengobatan modern(kedokteran) sempat menjadikan jamu sebagai pilihan kedua. Maka sekarang masyarakat bisa memilih pengobatan seperti apa yang mereka inginkan dan mereka rasa lebih tepat untuk diri mereka sendiri. 
Berikut tips dari Prof Hembing, agar obat herbal yang dikonsumsi bisa maksimal khasiatnya:
1. Cucilah bahan tumbuhan herbal dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih.
2. Bahan herbal segar harus segera digunakan. Sedangkan untuk bahan herbal yang tebal atau besar terlebih dahulu dipotong tipis-tipis agar pada saat merebus, zat-zat yang terdapat di dalamnya bisa dengan mudah keluar.
3. Bahan herbal kering lebih baik dijadikan serbuk atau dihaluskan  dulu agar lebih mudah dikonsumsi.
4. Bahan obat herbal bubuk bisa langsung diseduh  dengan air panas baru dikonsumsi.
5. Bahan obat herbal yang keras dihancurkan dulu lalu direbus selama sepuluh menit  sebelum dimasukkan bahan lainnya.
6. Air untuk merebus harus menggunakan air tawar yang bersih dan tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya lainnya.
7. Saat merebus, obat harus berada 3 cm dibawah permukaan air yang dipakai untuk merebus. 
8. Dalam merebus bahan obat herbal sebaiknya hindari menggunakan periuk berbahan logam (aluminium, besi,kuningan). sebaiknya gunakan wadah dari tanah atau keramik, pyrex, atau bahan enamel.
9. Saat merebus bahan obat herbal, jangan membuka tutup panci terlalu sering. Alasannya adalah agar minyak atsiri yang terkandung di dalamnya  tidak gampang hilang.
10. Sesuaikan besarnya api dengan jenis obat yang Anda rebus.  

http://www.anneahira.com/mengobati-diabetes.htm

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment